Friday, October 10, 2014

RPP SENIBUDAYA

Bagi guru seni budaya RPP ini bisa jadi referensi untuk menyusun RPP Seni budaya kelas 7 semester 1

silahkan click link dibawah ini .......

http://www.4shared.com/office/JvP4RDWoce/RPP_Seni_Budaya_SMP_Kelas_7_Se.html

untuk yang membutuhkan rpp lainnya silahkan request...
MARI KITA SALING BERBAGI DAN BERTUKAR PENDAPAT DEMI KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN





ini sedikit contoh rppnya (YANG FULL DI link DIATAS)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan   :        SMP NEGERI 1 BANGKINANG
Kelas/Semester         :        VII/1
Mata Pelajaran         :        Seni Budaya (Seni Rupa)
Topik                        :        Menggambar Flora, Fauna dan alam Benda
Alokasi Waktu         :        6 x 40 (2 Pertemuan)

A.  KOMPETENSI INTI
KI 1 :  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :         Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kl 3 :         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kl 4 :         Mencoba mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurangi, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,  menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   KOMPETENSI DASAR
1.1.  Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1.   Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3.  Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.   Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda
4.1.   Menggambar flora, fauna, dan alam benda

C. INDIKATOR  PEMBELAJARAN
1.    Menunjukkan sikap ingin tahu, peduli dan bertanggung jawab
2.    Mengidentifikasi keunikan flora dan fauna dan alam benda
3.    Memahami konsep bentuk dan tehnik menggambar flora
4.    Menggambar obyek flora

D.TUJUAN PEMBELAJARAN
     Setelah proses belajar mengajar peserta didik mampu :
1.    Menghargai kekayaan alam sekitar
2.    Memelihara kelestaian alam sekitar
3.    Menghargai hasil karya peserta didik
4.   Mengidentifikasi kekayaan flora dan fauna dan alam benda

5.   keunikan flora dan fauna dan alam benda
6.   Mengeksplorasi flora dalam bentuk gambar
7.   Menggambar sketsa satu obyek flora
8.   Mewarnai gambar sesuai dengan teknik aquarel


E. MATERI  PEMBELAJARAN

1.   Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa yang universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan.Gambar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba.Pada saat itu, gambar sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh leluhur yang dianggap memberi keberkahan dan perlindungan.Bagi manusia purba, gambar tidak sekadar sebagai alat komunikasi untuk roh


leluhur saja. Gambar dapat juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat bertahan hidup.Menggambar merupakan aktivitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan menggunakan imajinasi dan perasaan melalui alat gambar, seperti pensil, bolpoin, krayon, dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis. Menggambar dapat juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.

 






                        Perburuan pada dinding gua
2.   Memahami Objek Menggambar

Menggambar tidak terpaku pada satu macam objek saja tetapi bisa mengambil dan menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan.Objek gambar bisa diambil dari alam seperti flora (tumbuhan), fauna (hewan), dan bentuk-bentuk alam benda yang dibuat manusia atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam seperti batu, air, dan awan.


 



 
 







            
               Gb. 1.4 Daun, Bunga           Gb. 1.5 Awan, Air dan Batu                  Gb. 1.6 Angsa

3.   Komposisi
Penempatan objek gambar sebenarnya dapat disusun sesuai dengan keinginan dan kreativitas yang peserta didik miliki. Sebelum objek gambar dibuat, sebaiknya peserta didik harus Menentukan jenis benda yang akan digambar. Benda yang lebih besar tidak boleh menutupi benda yang lebih kecil. Komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua bentuk, yaitu: simetris dan asimetris. Komposisi simetris apabila objek yang akan digambar memiliki proporsi dan keseimbangan bentuk yang sama juga disusun sama. Komposisi asimetris jika objek gambar memiliki proporsi bentuk yang sama, tetapi keseimbangan berbeda, namun tetap memperhatikan keseimbangan dan keindahan.
 






                           Gb. 1.7 Komposisi Simetris                                   Gb. 1.8 Komposisi Asimetris

4.   Teknik
Proses menggambar sebenarnya dapat peserta didik mulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik. Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar sebagai berikut:
1. mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar,
2. mengetahui bagian-bagian dari objek gambar,
3. menyusun atau menyambung bagian per bagian menjadi gambar yang utuh,
4. memberikan dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna.
5. memberi kesan untuk latar belakang

a.    Teknik Menggambar Flora (Tumbuhan)
           Flora (tumbuhan) memiliki banyak bentuk dan jenisnya.Setiap bagian dapat digunakan sebagai objek gambar seperti bentuk daun, bunga, dan buah.Bagian flora seperti daun, bunga, dan buah dapat juga digambar terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian.Menggambar flora dapat memberikan pemahaman tentang keanekaragaman bentuk dan jenis flora yang ada di sekitarmu sehingga peserta didik bisa menjaga sekaligus melestarikannya.


                 Contoh menggambar bunga mawar dan kamboja Jepang.
 









b.   Teknik Menggambar Fauna

Fauna (hewan) memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang berkaki empat, seperti sapi, kambing, berkaki dua seperti ayam, bebek.Ada hewan yang hidup di air dan di darat.Hewan juga ada yang bersifat galak dan jinak.Setiap hewan memiliki bentuk badan yang berbeda-beda.Peserta didik bisa menggambar hewan mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala, kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu dalam membuat gambar hewan agar lebih mudah dan tentunya diawali dengan sketsa.
 






c.    Menggambar Alam Benda

Menggambar alam benda disebut juga menggambar bentuk.Alam benda dapat terdiri atas benda buatan manusia dan benda yang sudah terbentuk dari alam.Alam benda buatan manusia dapat berupa kendi, piring, mangkuk, gelas, dan beraneka ragam bentuk lainnya. Alam benda yang terdapat di alam seperti batu,batang kayu, air, dan juga awan. Pada saat menggambar bentuk, sebaiknya peserta didik memperhatikan beberapa hal berikut:
1. proporsi bentuk benda yang akan digambar,
2. komposisi dalam meletakkan benda,
3. cahaya yang menyinari objek gambar dan akan membentuk bayangan,
4. penggunaan arsiran atau warna yang akan membentuk kesan bidang tiga dimensi,
5. penggunaan latar belakang (background).

                                          Contoh menggambar piring dan gelas.







3.      Alat dan Media Gambar
Sebagai sarana belajar menggambar, alat dan media memiliki banyak variasi dan macamnya.Peserta didik bisa menggunakan pensil dengan bahan grafit, pensil warna, bolpoin, dan krayon.Setiap alat dan media tersebut memiliki karakter yang berbeda.Beberapa macam alat dan media gambar sebagai berikut.

Pensil
Pensil dibedakan menjadi dua jenis.Pertama, jenis pensil dengan tanda “H” memiliki tingkat kehitaman yang tipis.Kedua, jenis pensil dengan tanda “B” memiliki tingkat kehitaman yang tebal.Setiap jenis pensil memiliki nomor tertentu yang menandakan tingkat ketebalan.Makin besar nomor pensil makin tipis atau tebal kehitamannya.
 






b.  Pensil Warna
Pensil warna memiliki variasi warna yang cukup banyak.Pensil warna dapat menghasilkan warna yang lembut. Peserta didik bisa menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar dengan cara gradasi, yaitu pemberian warna dari arah yang gelap berlanjut ke arah yang lebih terang atau sebaliknya.
 





c.  Crayon
Bentuk krayon ada dua jenis yaitu dalam bentuk pensil dan batangan.Kedua jenis bentuk krayon ada yang berbahan lunak dan keras.Krayon dengan bahan lunak tidak banyak mengandung minyak sehingga dapat dibaurkan dengan menggunakan tangan.Kesan warna yang dihasilkan dari kedua jenis krayon ini dapat menimbulkan kesan lembut maupun cerah.

 








d. Bolpoin
Selain digunakan untuk menulis bolpoin juga dapat digunakan untuk menggambar.Gambar yang dihasilkan memiliki karakter yang kuat dan umumnya berupa arsiran.
 





e.  Kertas Gambar
Menggambar sebenarnya tidak membutuhkan kertas khusus.Pada umumnya, kertas yang digunakan berwarna putih meskipun ada juga yang menggunakan kertas berwarna cokelat dan hitam.Kertas gambar juga memiliki tekstur yang berbeda.Ada kertas yang bertekstur halus dan kasar.Selain menggunakan kertas, menggambar juga dapat dilakukan dengan bahan tekstil seperti kain sutra, kain blacu, dan kain mori.

F.  METODE PEMBELAJARAN
     Model pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)

G.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

      Pertemuan I
1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Berdoa
- Absensi kehadiran siswa
- Ice breaking
- Apersepsi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
       
2.  Kegiatan inti (65 menit)
Kegiatan inti pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktifitas sbb :
Peserta didik dibagi dalam kelompok
                  Melalui diskusi peserta didik :
1.      Mengamati berbagai macam flora,fauna dan alam benda melalui video
2.      Mengidentifikasi jenis flora,fauna dan alam benda
3.      Menyebutkan ciri - ciri ragam flora, fauna dan alam benda
4.      Menentukan obyek yang akan di gambar secara individu
5.      Mengeksplorasi bentuk flora
6.      Guru mengamati aktifitas peserta didik dan melakukan penilaian autentic


  3. Kegiatan Penutup (5 menit)
 a.     Guru memberi kesempatan kepada peserta didik menanyakan materi yang telah disampaikan
 b.     Guru memberikan kesimpulan dan tugas kepada peserta didik.


Pertemuan  II
1.    Kegiatan pendahuluan (10 menit)
-       Salam
-       Absensi
-       Motivasi
-       Apersepsi
-       Mengingatkan tugas pada pertemuan sebelumnya
-       Peserta didik menyiapkan peralatan menggambar

2.    Kegiatan inti (65 menit)
a. Menentukan teknik menggambar flora
b. Membuat sketsa flora
c. Menggambar flora  dengan tehnik yang benar
d. Guru mengamati aktivitas siswa dan melakukan penilaian proses

3.   Kegiatan Penutup (5 menit)
a. Guru melakukan evalusi dan refleksi materi yang telah disampaikan
b. Menanyakan kesulitan peserta didik selama kegiatan belajar
c. Guru mendapatkan umpan balik dengan cara memberi kesempatan pada siswa untuk  menanyakan hal-hal yang belum dipahaminya
d. guru menyimpulkan dan memberikan tugas
e. Menyampaikan materi pertemuan minggu depan



Pertemuan  III
Pendahuluan(10 menit)
a.    Salam
b.    Absensi
c.    Motivasi
d.    Apersepsi
e.     peserta didik bersama dengan guru mempersiapkan alat dan bahan yang dimiliki oleh siswa

 Kegiatan inti (65 menit)
a.    Mengamati teknik mewarnai melalui video
b.    Bertanya jawab tentang teknik pewarnaan
c.    Mengeksplorasi warna
d.    Mewarnai gambar bentuk fauna dalam bentuk gambar dengan tehnik  yang benar

 Kegiatan Penutup (5 menit)
a. Guru melakukan evalusi dan refleksi materi yang telah disampaikan
b. Mengkomunikasikan hasil gambar secara lisan maupun tulisan
c.      Aspek sikap, ketrampilan dan pengetahuan ketiga aspek ini menjadi fokus yang secara sesuai dengan pilihannya proporsional mendapatkan perhatian sejak dari proses hingga hasil akhir pembelajaran
d.      Guru mendapatkan umpan balik dengan cara memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahaminya

H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

- Alat dan bahan   : Media elektronik, internet ( video ), buku gambar, pewarna dan alat tulis
- Sumber belajar    :-          Buku Teks : Eko Purnomo. Dkk, Seni Budaya Kelas 7 Kemendikbud,  2013
-        Buku lain yang relevan dengan pokok bahasan
      Audio Visual gambar flora, fauna dan alam benda di Indonesia

I. EVALUASI PEMBELAJARAN
Bentuk Tes:
1.    Tes lisan

2.    Tes kinerja/produk

No comments:

Post a Comment