RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : SMPN
MATA
PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER :
VII/1
MATERI POKOK : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
ALOKASI
WAKTU :
6 x 40’
A. KOMPETENSI INTI
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan
perilaku percaya diri, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.4. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4. Menangkap
makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan
menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·
INDIKATOR
Peserta didik terampil mengungkapkan jati diri untuk melakukan komunikasi
transaksional mencakup aspek:
Sikap
1. Menunjukkan
semangat
2. Menunjukkan
kepercaya dirian.
3. Menunjukkan
kepercayaan diri
4. Menunjukkan
kedisiplinan
5. Menunjukkan
tanggung jawab
Pengetahuan
1. Memaparkan dan
menanyakan Jati diri
2. Memaparkan dan
menanyakan anggota keluarga
Keterampilan
1. Memaparkan dan menanyakan Jati diri. ( My self )
2. Memaparkan dan menanyakan anggota keluarga. ( Everybody in my family )
Project
Membuat dan menberikan Surat
Cinta kepada Orang tua
Membuat dan Menyebutkan
anggota keluarga ( Family Tree )
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Peserta didik terampil memaparkan dan menanyakan Jati
Diri untuk melakukan komunikasi transaksional dengan struktur teks yang runtut
dan dengan unsur kebahasaan yang benar dengan penuh semangat, berprilaku percaya diri, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab.
SISWA DAPAT
1. Menunjukkan semangat, kepercaya diri, Menunjukkan kedisiplinan dan Menunjukkan
tanggung jawab dalam Memaparkan dan menanyakan Jati diri
2. Menunjukkan semangat, kepercaya diri, Menunjukkan kedisiplinan dan Menunjukkan
tanggung jawab dalam Memaparkan dan menanyakan anggota keluarga
3. Menunjukkan semangat, kepercaya diri, Menunjukkan kedisiplinan dan Menunjukkan
tanggung jawab dalam Memaparkan dan menanyakan Jati diri. ( My self )
4. Menunjukkan semangat, kepercaya diri, Menunjukkan kedisiplinan dan Menunjukkan
tanggung jawab dalam Memaparkan dan
menanyakan anggota keluarga. ( Everybody in my family )
5. Menunjukkan semangat, kepercaya diri, Menunjukkan kedisiplinan dan Menunjukkan
tanggung jawab dalam Membuat dan menberikan Surat Cinta kepada Orang tua
6. Menunjukkan semangat, kepercaya diri, Menunjukkan kedisiplinan dan Menunjukkan
tanggung jawab dalam Membuat dan Menyebutkan anggota keluarga ( Family Tree )
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial:
Mengenal dan mengidentifikasi
Struktur teks:
- Benda
yang dipaparkan
- Ciri
– cirinya termasuk apa yang ada didalamnya
ü It’s
my cricket.
ü They are my cats. There are many fireflies
in the farm., What is it?
ü Are they your toys? Which one is your
book?
ü How many cows do you have?
ü The
hospital is near the post office.
ü
The police station is in the corner. dan semacamnya.
Unsur
kebahasaan:
(1)
Nama
benda dan binatang di sekitar rumah dan sekolah siswa: hen, chicks, house lizard, dragon fly, cockroaches,
mosquitoes.
(2)
Nama
bangunan umum: the post office, the bank, the hospital.
(3)
Kata
tanya What? Which
one? How many?
(4)
Penyebutan kata benda singular dengan a dan
the, dan plural (-s).
(5)
Kata
ganti it, they, this, that, those, these.
(6)
Ungkapan
There is/are..., Are there ...?
(7)
Kata
kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dan sebagainya.
(8)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan.
D.
METODE PEMBELAJARAN:
·
Discovery learning
·
Project based learning
E.
MEDIA PEMBELAJARAN:
Gambar, Video, DVD,
Kaset percakapandll yang relevan
F.
SUMBER BELAJAR
Buku teks yang relevan
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
a.
menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari;
c.
mengantarkan
peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk
mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai;
d.
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan
dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan
atau tugas.
SISWA
|
GURU
|
Kegiatan Awal
-Greetings
-Checking the attendance list
-Apersepsi
Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa mendengarkan/ menonton interaksi memaparkan
jati diri dan
· Siswa mengikuti interaksi memaparkan
jati diri.
· Siswa menirukan model interaksi memaparkan
jati diri.
· Siswa
membaca beberapa kartu identitas
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi memaparkan jati diri (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan)
|
·
Guru menyajikan gambar / video tentang pemaparan
jatidiri
|
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan
dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara memaparkan
jati diri dalam bahasa Inggris, dengan perbedaan ungkapan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
|
Guru
memancing siswa untuk bertanya
·
What is your name?
·
Where are you from?
·
Where do you come from
|
Mengeksperimen
Siswa memaparkan
jati diri dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi dan kegiatan lain yang
terstruktur.
|
·
Guru
membagi kelas menjadi kelompok kecil untuk melatih siswa berkomunikasi dalam
konteks yang tepat melalui simulasi, role play dan/atau kegiatan lain.
|
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan memaparkan
jati diri yang telah dipelajari
dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan memaparkan
jati diri dalam bahasa Inggris dan
dalam bahasa siswa.
|
·
Memberikan
beberapa contoh bagai mana dalam pemaparan jatidiri termasuk spelling dalam bahasa inggris
·
Memberikan
contoh lebih lanjut tentang cara pemaparan jatidiri
|
Mengomunikasikan
· Siswa memaparkan jati diri dengan bahasa Inggris, di dalam dan di
luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal).
|
·
Meminta
siswa memaparkan jatidiri mereka dan atau teman mereka seperti teman dan
atau guru mereka
·
Memberi
tugas dalam bentuk tabel yang berisikan jati diri teman-teman orang
terdekat mereka
|
Pertemuan 2 (2 x
4 JP)
SISWA
|
GURU
|
Mengamati
· Siswa mengamati family tree dan
menginstruksikan peserta didik untuk mengamati hubungan hubungan
kekeluargaan yang ada di dalamnya.
|
· Guru memberikan chart tenatang family tree dan menginstruksikan
peserta didik untuk mengamati hubungan hubungan kekeluargaan yang ada di dalamnya.
|
Mempertanyakan
· Siswa diminta untuk mencermati informasi yang diberikan
mengenai karakter yang ada didalam gambar
|
· Guru memandu
peserta didik untuk mengidentifikasi hubungan kekeluargaan melalui gambar dan
memaparkan jatidiri mereka.
· Guru
memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang hubungan kekeluargaan dan
jatidiri mereka
|
Mengeksperimen
· Siswa mendiskripsikan hubungan kekeluargaan yang
terdapat dalam Family tree serta
jati diri mereka
|
·
Guru menanyakan kepada salah satu siswa siapa-siapa
saja yang ada dalam susunan kelarga mereka dan memaparkan jatidiri mereka
·
Mengobservasi siswa bermain peran
|
Mengasosiasi
·
Siswa menyebutkan informasi meliputi status dalam
keluarga, umur dan pekerjaan
|
|
Mengkomunikasikan
·
Siswa dapat
memberikan informasi tentang keluarganya.
|
·
Guru meminta siswa untuk membuat, dan menuliskan
atau menceritakan anggota keluarganya beserta jatidirinya
|
Pertemuan 3 (2 x 4 JP)
SISWA
|
GURU
|
Mengamati
· Siswa mengamati gambar tentang aktivitas yang dilakukan dalam keluarga.
|
· Guru
memperlihatkan gambar tentang aktivitas yang dilakukan dalam keluarga.
|
Mempertanyakan
· Menanyakan kegiatan yang dilakukan dengan keluarganya.
·
|
· Guru memandu
siswa mencari informasi yang dilakukan
|
Mengeksperimen
· Siswa bertukar informasi tentang kegiatan yang mereka
lakukan dengan keluarga mereka.
|
·
Guru mengajak Siswa bertukar informasi tentang
kegiatan yang mereka lakukan dengan keluarga mereka.
|
Mengasosiasi
·
Siswa menuliskan kegiatan yang mereka lakukan
bersama keluarga mereka dalam bentuk tabel beserta waktiu kegiatannya
|
|
Mengkomunikasikan
·
Siswa menceritakan kegiatan yan g mereka lakukan
bersama orang orang tersayang mereka.
|
·
Siswa diminta untuk mengidentifikasikan
gambar serta menyebutkan orang orang
tersayangnya
|
Penutup
a.
Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b.
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
c.
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran,
d.
memberikan tugas, baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik, dan
e.
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
H.
SUMBER BELAJAR
Buku ajar, video
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
·
observasi, penilaian diri, teman sejawat
·
capaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri
dan temnnya dengan menggunakan daftar
cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik
-
Jurnal,
di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik
·
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku siswa
yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Penutup
·
Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
·
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran,
·
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik,
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
J.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
-
observasi, penilaian diri, teman sejawat menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale)
yang disertai rubrik dengan
sasaran:
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan pemaparan jati diri
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Perilakusantun,
peduli, jujur, disiplin, percayadiri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
-
Jurnal,
di dalam dan luar kelas, berupa
catatan guru
Kriteria
|
Skor
|
||||
Jujur
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat
sering menunjukkan sikap tidak jujur
|
Sering menunjukkan sikap tidak jujur
|
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak
jujur
|
Pernah
menunjukkan sikap tidak jujur
|
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur
|
|
Percaya diri
|
Sangat
sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Beberapa
kali menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Pernah
menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Tidak
pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Disiplin
Bertanggung
jawab
|
|
|
|
|
|
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit
untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada beberapa kesalahan tapi tidak
mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit
dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif dan tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat
Keterampilan:
-
Melakukan monolog dalam
bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan jatidiri mereka dan keluarga mereka
·
Tingkat
ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan jatidiri mereka dan keluarga mereka
·
Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks. Menyebutkan dan menanyakan jatidiri mereka dan keluarga mereka
·
Tingkat ketepatan unsure kebahasaan:
tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Membuat proyek
“surat cinta untuk keluarga” dan “a family tree yang berisikan foto keluarga mereka ”untuk melihat kreativitas siswa dalam menerapkan pengetahuan
yang telah dipelajarinya dalam perencanaan masa depan maupun kegiatan
social di lingkungan sekitarnya.
Format Penilaian Individu
Nama Kegiatan :
____________________________________________
Tanggal Pelaksanaan :
____________________________________________
Nama :
____________________________________________
NIS :
____________________________________________
NO
|
ASPEK YANG DI
NILAI
|
NILAI
|
KNOWLEDGE
|
||
1
|
Kosa
kata (vocabulary
|
|
2
|
Kelancaran
(fluency)
|
|
3
|
Ketelitian
(accuracy)
|
|
4
|
Pengucapan
(pronunciation)
|
|
5
|
Intonasi
(intonation)
|
|
6
|
Pemahaman
(understanding
|
|
7
|
Pilihan
kata (diction)
|
|
Attitude
|
||
1
|
Rasa
hormat (respect
|
|
2
|
Jujur
(honest)
|
|
3
|
Peduli
(care)
|
|
4
|
Berani
(brave)
|
|
5
|
Percaya
diri (confidence)
|
|
6
|
Berkomunikasi
baik (communicative)
|
|
7
|
Peduli
sosial (social awareness)
|
|
8
|
Ingin
tahu (curiosity )
|
|
Action
|
||
1
|
Kerja
sama (team work)
|
|
2
|
Melakukan
tindak komunikasi (communicative action)
|
|
Total
|
|
|
Rata-Rata
|
|
Penilaian proses dimulai sejak aktivitas mengamati, mempertanyakan,
mengeksplorasi, mengasosiasi serta mengkomunikasikan
Assalamu'alaikum... izin copy. Syukran
ReplyDelete